Banner 1

Juknis ABM (Asesmen Bakat dan Minat) Madrasah 2024 PDF

Juknis ABM (Asesmen Bakat dan Minat) Madrasah 2024 PDF

Petunjuk Teknis (Juknis) penyelenggaraan Asesmen Bakat Minat (ABM) untuk SMP dan MTs Tahun 2024 telah diterbitkan oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik), Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek.

Juknis ABM Tahun 2024 ini memuat latar belakang, tujuan, dan petunjuk pelaksanaan layanan ABM. Sehingga menjadi pedoman bagi satuan pendidikan, termasuk madrasah yang menyelenggarakan ABM dapat terlaksana dengan baik.

Asesmen Bakat dan Minat, juknis abm 2024

ABM atau Asesmen Bakat Minat adalah asesmen (tes) yang mengukur potensi siswa yang dirancang untuk memprediksi kemampuan dan minat siswa tersebut pada bidang-bidang tertentu. Asesmen Bakat Minat mendeteksi bakat yang dimiliki seseorang dan kecenderungan minatnya.

Untuk itu, pada 2024 ini, Pusmendik menyelenggarakan pelayanan ABM untuk satuan pendidikan jenjang SMP/MTs/SMPK/SMPTK/MWP. ABM diselengggarakan bagi siswa kelas IX (sembilan) melalui asesmen berbasis komputer (Computerized Based Test - CBT) secara daring.

Tujuan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) Madrasah 2024

Asesmen Bakat dan Minat (ABM) Pusmendik merupakan asesmen yang mengukur potensi siswa yang dirancang untuk memprediksi kemampuan seseorang pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. 

ABM diharapkan dapat menempatkan siswa pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Aspek yang diukur dalam Asesmen Bakat terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta dilengkapi dengan Asesmen Minat.

Prosedur pengembangan butir soal ABM sudah terstandar sehingga menghasilkan soal-soal yang valid dan terkalibrasi. Melalui soal yang terkalibrasi tersebut, hasil asesmen dari beberapa subtes, waktu, dan paket yang berbeda akan dapat dibandingkan. Asesmen bakat dirancang untuk memprediksi keberhasilan siswa pada jurusan yang dikehendaki. 

Akurasi prediksi keberhasilan siswa pada jenjang/kelas yang lebih tinggi dapat terlihat berdasarkan hasil asesmen. Asesmen minat dirancang untuk mengetahui ketertarikan siswa pada bidang-bidang tertentu. Penggunaan tes prestasi, asesmen bakat, dan asesmen minat secara bersama akan memberikan gambaran kemampuan siswa secara lebih lengkap.

Jadwal ABM 2024 Kemanag

Sesuai dengan Juknis Asesmen Bakat Minat SMP/MTs 2024, ABM 2024 akan diselenggarakan sesuai jadwal pelayanan ABM sebagai berikut:

Sosialisasi dan pengumuman ABM: 23 Januari 2024

Pendaftaran satuan pendidikan: 23 Januari - 3 Februari 2024

Pendaftaran peserta: 23 Januari - 9 Februari 2024

Pengisian data panitia pelaksana: 23 Januari - 9 Februari 2024

Simulasi aplikasi: 15-16 Februari 2024

Cetak perlengkapan ujian: 15-16 Februari 2024

Pelaksanaan asesmen: 19-23 Februari 2024

Unggah kelengkapan ujian: 19 Februari-11 Maret 2024

Cetak hasil: 11 Maret 2024

Download Juknis ABM Madrasah 2024

Bagi madrasah yang mengikuti Asesmen Bakat Minat Tahun 2024 dapat mempelajari ketentuan dan petunjuk penyelenggaraannya melalui Juknis ABM. Juknis ABM 2024 tersebut dapat diunduh melalui tombol berikut.

UNDUH PDF